Juli 13, 2008

Bupati Djalal Blusukan dengan Sepeda Motor Trail


Berita Jember, Lagi-lagi hobby mengendarai Sepeda Motor Besar kesayangannya dilakukan Bupati Djalal Jum’at (11/7) kemarin untuk melihat dari dekat berbagai pembangunan prasarana pedesaan, baik pembangunan jalan, jembatan maupun saluran irigasi yang sedang dikerjakan oleh TNI bersama masyarakat di desa Darsono Kecamatan Arjasa.
Rombongan Bupati bersama Muspida ini disertai Dinas instansi terkait antara lain Kepala Bappekab Jember, Drs. Mudhar Syarifudin, Kepala DPU Jember, Ir. Djuwarto, Kepala Dinas Pengairan Jember, Ir. Rasyid Zakaria dan Kepala Kantor Infokom Jember, Drs. Agoes Slameto dan sejumlah pejabat terkait lainnya.
Peninjauan pertama dilakukan pada obyek kegiatan pembuatan jalan dan jembatan yang menghubungkan Desa Darsono dengan Desa Kemuning serta saluran Irigasi. “Saluran ini dapat membuka areal sawah dari dibeberapa desa di Kecamatan ini, “harap Djalal.
Dalam perjalanannya Bupati Jember MZA Djalal menyempatkan dialog dengan Kepala dinas instansi terkait termasuk dengan aparat yang mengerjakan serta masyarakat yang ditemuinya dalam peninjauan tersebut untuk mengoptimalkan agar kegiatan pembangunan ini tepat pada sasaran dan menyentuh kepentingan rakyat kecil. “Rakyat kecil sekarang butuh sarana yang dapat menunjang aktivitas dipedesaannya, “ungkap orang nomor satu di Jember ini.
Setelah sejenak sambil beristirahat meninjau lokasi, Bupati Djalal mengungkapkan rasa puasnya dengan telah di perbaiki sarana jalan dan jembatan yang dibantu masyarakat setempat, meskipun masih makadam dan dibenahinya saluran irigasi ini. Karena pembangunan jalan dan sarana irigasi menurut Djalal dapat membuka akses perekonomian masyarakat terutama di daerah pedesaan. “Pemerintah dan TNI telah membangun sarana jalan, untuk itu masyarakat diminta lebih aktif membantu dengan cara bergotong royong dan membaur dengan petugas, “pinta Djalal.
Sementara Kepala Desa Darsono, Madros merasa sangat bangga dengan benahinya sarana jalan dan saluran irigasi ini, karena dinilai dapat membantu kelancaran roda perekonomian masyarakat utamanya dua desa tersebut yaitu Desa Darsono dan Desa Kemuning, baik untuk pertanian juga dapat digunakan untuk kelancaran transportasi. “Sehingga dengan dibangunnya proyek jalan dan irigasi ini masyarakat dapat meningkatkan penghasilannya, “ungkapnya.
Lebih jauh Madros menjelaskan, kegiatan tersebut sangat berdampak positif sekali terhadap kegiatan pembangunan masyarakat hingga tingkat bawah. Di sisi lain, dengan turunnya Bupati Djalal melihat langsung pembangunan dipedesaan, juga warga juga bisa langsung menyampaikan aspirasi kepada Bupati, sekaligus memotong jalur birokrasi untuk mempercepat usulan pembangunan dan mempererat tali silaturahmi antara Bupati dan rakyatnya. ''Kami juga meminta Bupati untuk lebih memperhatikan pembangunan utamanya didaerah pedesaan dan meningkatkan bantuan bawahan, setidaknya setiap desa dan kelurahan diberikan anggaran yang dimanfaatkan untuk pembangunan desa.''pinta Kepala Desa Darsono Madros.
Kepala Kantor Infokom Jember, Drs. Agoes Slameto yang mengikuti rombongan Bupati mengatakan jiwa dan semangat Bupati sekarang ini lebih merakyat, membuat hubungan antara Bupati dengan rakyatnya semakin dekat. Tak aneh jika kemudian masyarakat sangat berharap keseriusan seorang Bupati yang merakyat dan mau mendengar keluhan yang dialami oleh warganya, “ungkapnya.
Masih menurut Agoes Slameto, keseriusan itu ditunjukkan dengan seringnya Bapak Bupati Djalal menemui warganya di desa-desa, bahkan desa terpencil sekalipun didatanginya. Hal lain yang diperoleh saat melakukan perjalanan Bupati Djalal, melihat dan mendengar langsung suara hati nurani rakyatnya yang merupakan suatu keharusan dan menandakan dekatnya antara seorang bapak dengan anaknya. (*/tot)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column