Juli 04, 2008

Gelar Pasukan Pengamanan Pilgub "Peragakan Penanganan Unjuk Rasa"

Berita Jember
Pemilihan gubenur tinggal menunggu waktu tanggal 23 Juli 2008 akan dilaksanakan pesta demokrasi di Jawa Timur. Tidak terkecuali Kabupaten Jember menyiapkan segala sesuatunya terkait Pilgub agar berlangsung tertib dan aman.
Kemarin (3/7) di alon-alon Jember mengelar Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penanganan Pilgub Jatim mendatang yang diikuti oleh personil baik dari Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, PMK dan unsur lainnya
Peragaan yang ditonton oleh sejumlah pejabat Jember diantaranya Kapolwil Besuki, Bupati Jember dan anggota Muspida Jember melihat aparat Polres Jember berikut Dalmas menangani unjuk rasa yang diperagakan oleh masa sekitar 500 orang.
Penanganan unjuk rasa damai maupun anarkis yang sistimatis yang diperagakan hampir 60 menit oleh personil Polres Jember. “Ini menjadi modal dasar dalam pengamanan Pilgub mendatang yang acamannya sangat variatif dan eksklusif,”ungkap Kapolwil Besuki, Kombes Sad Herunantiyo.
Kapolwil Besuki dalam membacakan sambutan Kapolda Jatim Irjen Pol Herman Suryadiwirdja apel gelar ini tidak saja bias dilakukan. “Tetapi perlu koordinasi dengan lembaga lain seperti TNI, Linmas, Parpol dan sebagainya,”tandasnya.
Jawa Timur sebagai barometer keamanan nasional menurut Kapolwil menjadi taruhannya sehingga diperlukan situasi dan kondisi yang kundusif. “Untuk itu kualitas pemilihan Gubenur Jatim sangat tergantung pada penanganan agar tercipata ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif,”jelasnya.
Untuk menciptakan suasana itu Polri memerlukan dukungan semua pihak terkait hal-hal kecil agar tercipta suasana yang diinginkan bersama. “Perlu dukungan semua pihak untuk saling menginformasikan,”tandasnya.
Dalam sambutannya Kapolda yang dibacakan Kapilwil Besuki meminta Polri untuk berlaku adil. “Polri sebagai pelindung masyarakat agar bertindak adil berdiri di semua pihak karena hal itu dilindungi oleh hukum dan KUHAP,”jelasnya.
Diperintahkan juga oleh Kapolda agar Polisi tdak saja berlaku adil tetapi dapatnya melaksanakan tugas peraturan. “Laksanakan hukum sesuai procedural, professional dan proposional,”pintanya.
Sedangkan kepada masyarakat Kapolda Jatim meminta agar saatnya sekarang mulai bertindak dewasa. “Dengan pemikiran yang jernih hati yang dingin bisa diharapkan dapat menyelesaikan persoalan,”paparnya.Dalam apel gelar itu juga dideklarasikan dan ditanda tangani kesepakatan bersama untuk menjaga situasi yang aman dalam Pilgub Jatim oleh tim sukses dari masing-masing kandidat.

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column