Juli 09, 2008

JEMBER TUAN RUMAH PENCANANGAN BBGRM V DAN HARGANAS XV TAHUN 2008 TINGKAT JAWA TIMUR


Masyarakat Jember yang terdiri dari beraneka ragam sosial budaya, etnik serta adat istiadat yang berbeda, untuk itu kegiatan-kegiatan kegotong-royongan perlu ditingkatkan dan dilestarikan keberadaanya. Oleh karenanya kearifan nilai-nilai sosial budaya lokal dalam aspek ke gotong-royongan dan keswadayaan patut didayagunakan, dilestarikan dan dikembangkan, agar menjadi potensi efektif dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat. Demikian sambutan Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo dalam pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM V) yang diintegrasikan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas XV) yang dipusatkan di alun-alun Kabupaten Jember, Selasa (8/7) kemarin.
Lebih lanjut Gubernur Jawa Timur Imam Utomo mengatakan bahwa sejak krisis multidimensi melanda bangsa ini pada tahun 2008 lalu, kondisi masyarakat sangat memburuk, namun dengan berbagai program pemberdayaan yang dikembangkan lambat laun kondisi kehidupan masyarakat semakin membaik, hal itu juga ditandai dengan semakin meningkatnya Indek pembangunan masnusia khususnya di Jawa Timur. ”Oleh karenanya melalui pelaksanaan bulan Bhakti Gotong Royongan Masyarakat yang kita canangkan hari ini, mari kita duduk bersama, singsingkan lengan baju bersama untuk berfikir dan berbuat bagi pembangunan daerahnya, ” ujarnya.
Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Propinsi Jawa Timur, Dr Soenyono SH MSi, mengatakan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM V) yang diintegrasikan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas XV) dihadiri sekitar 10.000 orang, diantaranya Muspida Jawa Timur, Kepala Bakorwil Se-Jatim, Bupati/Walikota Se-Jatim, Kepala dinas/Badan/ lembaga Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Jember sendiri, serta Camat/ Lurah/ LKMD/ PKK/ KORPRI/ RT dan RW Se-Kabupaten Jember.
Dalam kegiatan tersebut juga diadakan dialog Gubernur Imam Utomo dengan masyarakat dan undangan. Sebelum pencanangan, Gubernur dan rombongan meninjau stand pameran Gerdutaskin dan produk unggulan yang diikuti instansi, baik sipil maupun dari Kepolisian Resort (Polres) Jember dengan lokasi pameran di samping kiri dan kanan lokasi pencanangan.
Soenyono berharap, pencanangan tersebut dapat merangsang semangat gotong royong di masyarakat, sehingga kesejahteraan masyarakat dan rasa kebersamaan persatuan dan kesatuan dapat terjalin secara utuh.
Acara Pelaksanaan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM V) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas XV) Jawa Timur yang di pusatkan di Kabupaten Jember diawali dengan sambutan selamat datang oleh Bupati Jember MZA Djalal, dan dilanjutkan dengan penyerahan berbagai bantuan kepada masyarakat dari beberapa instansi Propinsi Jawa Timur.
Sambutan pencanangan BBGRM V dan Harganas XV di Kabupaten Jember cukup meriah dan diberbagai lokasi spanduk dan umbul-umbul sudah terpasang rapi, bahkan baliho gambar Gubernur Jawa Timur dan Bupati Jember terpasang mulai Jalan masuk menuju Kabupaten Jember .
Pencanangannya ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Gubernur Jawa Timur dan secara serentak akan diikuti oleh seluruh masyarakat yang hadir, sedangkan tema bulan bakti gotong royong masyarakat Jawa Timur 2008 “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong, Kita Wujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera.
Sementara itu, Bupati Jember MZA Djalal dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan Pemerintah Propinsi Jawa Timur menjadikan Jember sebagai tempat pencanangan BBGRM.
Selanjutnya Bupati Jember MZA Djalal bertekad akan terus melakukan upaya perubahan melalui berbagai pembangunan. ”Ini merupakan bukti nyata bahwa semangat gotong royong masyarakat mampu memberikan manfaat yang luar biasa, baik bagi sarana perekonomian maupun bagi kehidupan sosial pada umumnya, ”tegasnya.
Karena itu melalui Bulan bhakti gotong royong masyarakat 2008 Propinsi Jawa Timur yang dipusatkan di Kabupaten Jember ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian, kepekaan serta peran serta aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan menuju pada penguatan rasa persatuan dan kesatuan, “tentunya melalui kegiatan-kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Jember, “pungkasnya. (*tot).

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column