Juli 17, 2008

Masih Sedikit Pesiunan PNS Masuk Anggota PWRI


Berita Jember, Banyaknya pensiunan PNS di Jatim tidak menjadi jaminan masuk dalam organisasi PWRI (Persatuan Wedratama Republik Indonesia). Dari data diserap ada sejumlah 253 ribu pensiunan PNS di Jatim.
Namun tidak lebih separohnya dari data itu yang menjadi anggota PWRI di Jatim. “Sekitar 66.523 pensiunan atau sekitar 25 persen yang mau menggabungkan diri diorganisasi PWRI,”ungkap Ketua PWRI Jatim Drs H. Soedjito saat memberikan sosialisasi kepada anggotanya di Jember.
Didepan undangan yang hadir, 31 camat se Kabupaten Jember, pengurus dan anggota PWRI serta anggota PNS di lingkungan Pemkab Jember yang telah purna tugas tahun 2007 dan 2008. Ketua PWRI Jatim mengharapkan ada kesadaran para pensiunan yang baru untuk menjadi anggota PWRI.
“Karena PWRI merupakan organisasi satu-satunya yang menampung aspirasi anggota pensiunan PNS sehingga apapaun apirasinya terkait dengan kesejahteraan anggota akan disampaikan lewat wadah ini,”paparnya.
Di Jember jumlah pensiunan PNS yang masih tergabung dengan PWRI masih cukup sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pensiunan yang ada. “Dari jumlah pensiunan yang di Jember 12.401 orang masih tercantum namanya menjadi anggota PWRI masih sejumlah 3.258 orang,”jelasnya.
Apalagi secara organisatorisnya pengurus ranting PWRI di Jember masih tidak seluruhnya menjadi pengurus. “Dari 31 kecamatan di Jember masih ada 22 kecamatan yang memilikim pengurus di tingkat rantingnya,”cetusnya lagi.
Sosialisasi Pengurus Jatim di Jember dijelaskan oleh Soedjito merupakan kali pertama dilakukan sebelum merambah di kabupaten/kota se Jatim. “Diharapkan dengan kehadiran kami disini nantinya banyak anggota yang baru masuk ke PWRI dan sekaligus pejabat seperti camat dapatnya membantu mensosialisasikannya diwilayahnya,”terangnya.
Menurut Ketua PWRI Jatim disebutkan banyak manfaat dan faedahnya jika masuk sebagai anggota di organisasi pensiunan itu. “Selain aspirasi untuk meningkatkan kesejahteraan pensiunan, perlu wadah untuk menyampaikan aspirasinya, yakni lewat PWRI inilah wadahnya,”kilah Soedjito.
Banyak yang bisa perbuat untuk kesejahteraan anggota pensiunan seperti usulan kenaikan pensiunan, usulan pensiunan janda maupun duda terus kita sampaikan aspirasinya lewat organisasi ini. “Lagi hangat kita usulkan bagi pensiunan agar mendapat pensiunan gaji ke 13, pokoknya ngak rugi masuk PWRI,”tambahnya.
Bahkan di Jatim menurut pejabat sekda Profensi Jatim semasa semasa Solarso dan Basofi Sudirman diharapkan merekrut keanggotaan Jatim menjadi panutannya. “Oleh Gubenur Jatim diharapkan Jatim dalam merekrut keanggotannya dijadikan pionernya,”imbuhnya.
Dalam kesempatan itu Bupati Jember yang diwakili oleh Sekretasis Kabupaten Jember menyampaikan selamat datangnya kepada rombongan Pengurus Daerah PWRI Jawa Timur. “Berharap kegiatan sosialisasi di Kabupaten Jember ini akan membawa hasil yang maksimal dan berdampak positif bagi pengembangan keanggotaan PWRI Cabang Jember dan diharapkan adanya keinginan yang kuat dari para pensiunan untuk segera bergabung ke PWRI,”harap Djoewito.
Lebih lanjut disampaikan bahwa PWRI merupakan organisasi yang mewadahi para pensiunan PNS Pusat dan Daerah, Karyawan BUMN/BUMD, Pejabat Negara termasuk mantan Kepala Desa. “Namun pada kenyataannya, secara kuantitatif perkembangan keanggotaan PWRI jauh dari harapan,”tandasnya.
Selanjutnya Djoewito mengajak kepada warga pensiunan khususnya yang telah bergabung dalam organisasi PWRI, untuk terus mengabdi pada masyarakat dan bangsa. “Walaupun usia lanjut, namun tenaga dan pikiran bapak-ibu masih tetap dibutuhkan, tentunya bukan lagi melalui jalur birokrasi,”pungkasnya.
Terkait dengan momentum pelaksanaan Pilkada Jawa Timur 2008 dengan agenda Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, “Saya menghimbau kepada seluruh warga PWRI untuk menjadi pemilih aktif, dan membantu memotivasi masyarakat agar dalam pelaksanaan Pilgub tanggal 23 Juli nanti, berbondong-bondong mendatangi TPS untuk memberikan suaranya,”pintanya.

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column