Juli 17, 2008

Program TMKK, Membantu Masyarakat Di Pedesaan


Berita Jember, TNI Manunggal KB-Kesehatan (TMKK) ke-22 yang akan dilaksanakan jajaran Kodim 0824 Jember bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam rangka ikut membangun daerahnya. Demikian disampaikan Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. Dedy Agus Purwanto saat memimpin rapat persiapan dan pemantapan TMKK ke-22 di Kabupaten Jember, Selasa (14/7) kemarin di ruang kerjanya.
Dikatakan bahwa TNI Manunggal KB-Kesehatan (TMKK) merupakan salah satu sumbangsih jajaran TNI terhadap pembangunan diwilayah dan akan berupaya mendorong dengan mengoptimalkan keberadaan TNI (Babinsa) sebagai ujung tombak Kodim 0824 Jember diwilayah. Sedangkan tujuan daripada program TMKK ini untuk memberdayakan masyarakat guna membangun keluarga kecil yang sehat, berkualitas, serta menggalang kemitraan TNI dengan masyarakat.
Lebih jauh menurut Dedy, Program TMKK yang rencananya akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan ini mulai tanggal 1 Juli s/d 30 September 2008, dan akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Jember. Untuk Kabupaten Jember, Kodim 0824 akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Badan Kependudukan dan Catatan Sipil (Bapenduk dan Capil) Jember, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soebandi Jember, Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Jember, Kantor Infokom, Dinas Kesehatan Tentara (DKT), Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember, dan Bappekab Kabupaten Jember. “Semua unsur harus ada keterpaduan untuk mendukung komitmen program ini, sehingga program pemerintah melalui TMKK dapat terlaksana dengan baik, “harapnya.
Sedangkan lokasi pelaksanaan pencanangan TMKK ke-22, rencananya akan ditempatkan di pemukiman masyarakat di desa Lojejer Kecamatan Wuluhan. Dengan melibatkan anggota Koramil setempat bersama tim dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember yang akan bekerja secara sukarelawan membantu masyarakat. “Tim medis dan anggota TNI sendiri juga akan memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, ” ujar Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol, Inf.Dedy Agus Purwanto, Selasa (15/7) di kantornya kemarin.
Kodim 0824 Jember akan memberikan program TMKK yang difokuskan kepada masyarakat, upaya yang dilakukan tidak lain untuk meningkatkan rasa kebersamaan dengan masyarakat dalam bidang kesehatan. Yang menjadi sasaran adalah masyarakat yang berada di daerah yang terdapat cakupan kesehatannya rendah, terpencil yang jarang mendapat layanan kesehatan. “ Kami akan memulai kegiatan ini dengan sasaran di desa-desa terpencil yang pelayanan kesehatannya terbatas,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Kantor Infokom Jember, Drs. Agoes Slameto berharap agar semua elemen yang terlibat dalam program TMKK ini dapatnya merapatkan barisan dan junjung tinggi kebersamaan untuk membangun Kabupaten Jember ini lebih baik dan kondusif. “Karena Jember ini milikku dan milikmu serta milik kita semua yang semuanya harus terlibat langsung dalam setiap pembangunan didaerah ini, “jelasnya.
Untuk itu semua program dan komitmen yang telah disepakati bersama semuanya harus dapat dijalankan sesuai dengan dasar hukum yang berlaku, utamanya kepada keterpaduan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dengan TNI. “Dan program ini sangat strategis dalam upaya mempercepat pembangunan, khususnya di bidang Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB-Kes), “ujarnya.
Ditempat yang sama Pasiter Kodim 0824 Jember, Kapten Inf. Ismanto menjelaskan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka TMKK ke-22 tahun 2008 Kabupaten Jember meliputi donor darah, pengobatan gratis, khitanan massal, dan pelayanan kesehatan lansia yang akan melibatkan semua tim kesehatan di Kabupaten Jember. “Puskesmas, Rumah Sakit dan PMI akan bekerja maksimal untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat utamanya di pedesaan, “ungkapnya. (*tot)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column