Juli 21, 2008

MTQ Mengukuhkan dan Membumikan Religiusitas di Jember


Berita Jember – Melengkapi berbagai event yang digelar di Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) 2008. Pemerintah Kabupaten Jember menggelar lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) se-ek. Karesidenan Besuki, Malang dan Probolinggi. Pertandingan yang menguji kemampuan seni membaca Al qur’an itu dimulai hari (Kamis, 17/07) jam 19.00 WIB yang dibuka Bupati Jember MZA Djalal.
Ketua panitia MTQ, Drs Farouq, MSi menyatakan kegiatan yang dikemas bersama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), Kantor Departemen Agama Jember dan Dewan Kesenian Jember (DKJ) itu diikuti sedikitnya 350 personil. “Mereka terdiri dari kelompok anak, remaja dan dewasa,”ujarnya disela persiapan gladi bersih pembukaan Lomba MTQ tersebut.
Dari keseluruhan peserta itu, terbanyak memang didominasi peserta dari dalam Kabupaten Jember sendiri. Peserta dari luar daerah yang terdiri dari Wilayah eks Karesidenan Besuki (Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo), Lumajang, Probolinggo, Pasuruan dan Malang .
Kata Farouq, MTQ yang digelar kali ini adalah untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada para generasi muda dan pecinta Tilawah Qur’an agar bisa mengekspresikan kemampuannya. “Dengan demikian pembinaan kepada para kader penerus akan semakin berjalan secara berkesinambungan,”tegasnya.
Selain itu, Jember selama ini dikenal sebagai daerah yang sangat religius. Oleh sebab itu, MTQ merupakan suatu cara untuk mendorong semangat belajar. Jika langkah berjalan dengan baik. Maka peneguhan dan pembumian citra Jember sebagai daerah Religius akan semakin mengemuka dan kental.
Untuk kegiatan itu, Farouq mengaku sudah menyiapkan puluhan hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang. Informasi yang berhasil digali, total hadiah yang sudah disiapkan mencapai puluhan juta. Selain itu masih akan diberikan penghargaan berupa Trophy dan Piala kepada para peserta terbaik.
Sementara, MTQ yang akan digelar selama 4 hari terhitung sejak hari ini dan akan berakhir tanggal 20 Juli mendatang akan melombakan sebanyak 15 cabang. Masing-masing akan dilombakan untuk kategori Anak, Remaja dan Dewasa. Beberapa cabang yang dilombakan adalah Tilawah, Tartil, Hifdil Qur’an, dan Tafsir. “Cabang lain yang dilombakan adalah Fahmil, dan Syarhil Qur’an,”terang Farouq.
Lebih jauh Farouq mengaku merasa senang dan bahagia. Karena dari total peserta yang ikut lomba yang digelarnya, mayoritas pesertanya adalah warga Jember sendiri. Hal itu menandakan bahwa situasi religius di Jember masih sangat kental.
Pantauan dilapangan, menjelang pembukaan MTQ, ratusan personil sedang berlatih untuk sebuah penampilan yang akan disuguhkan pada saat pembukaan resmi dilangsungkan. Sedangkan puluhan orang juga sedang mempersiapkan panggung untuk pelaksanaan kegiatan lomba. Informasi yang dihimpun dari panitia menyebutkan. Pembukaan MTQ itu nanti akan dimeriahkan dengan gelar seni religi “Nashid Kolosal” yang akan diikuti oleh 250 orang secara kompak melakukan aktifitas. Selain itu juga akan dimeriahkan dengan Tari Religi kolosal yang akan dilakukan oleh sedikitnya 250 orang secara bersamaan. “JIka penasaran dengan kegiatan ini, silahkan saja datang langsung ke alun-alun kota Jember persis acara pembukaan MTQ,”pungkas Farouq

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column