Juli 17, 2008

Lintasan Super Cross Di Jember Ektrim


Berita Jember, Memperingati HUT RI ke 63 di Jember yang dikemas lewat BBJ dengan menggelar bagai event, janji kemeriahan yang disajikan oleh panitia nantinya benar adanya. Hal itu bisa dilihat dari persiapan panita event super cross yang akan digelar 9-10 Agustus 2008 mendatang di Garahan-Silo Jember.
Tidak saja sebagai event resmi yang digelar oleh organisasi induk motor cross pusat tetapi namun persiapannya rute yang akan dilalui oleh croser dijamin akan cukup sulit. “Super cross nanti sikuit yang kami rancang akan se ekstrim mungkin dan sangat berbeda sekali tidak ditemui ditempat lain,”ungkap Sulis saat ditemui dilokasi motor cross.
Arena yang digelar termasuk dikatagorikan ektrim, karena tidak saja lintasan yang cukup banyak sehingga memita pemikiran dan konsentrasi dari crosser nantinya. “Karena lay out lintasan yang akan dibuat sebanyak 60 lintasan yang harus dilalui croser,”jelasnya.
Super Cross yang bertempat dikawasan hutan lindung milik KPH Perhutani Jember menurut Sulis merupakan rancangan arena yang sangat sulit yang pernah dilakukan diberbagai tempat.
“Biasanya rancangan seperti itu yang dilakukan di arena di Jember termasuk arena yang sering ditemui di arena motor cross in door, itu yang memang kita rancang untuk menghibur masyarakat Jember maupun para tamu dari luar kota,”cetusnya.
Meski sirkuit dirancang dengan menggunakan motor cross yang sama namun yang membedakan nantinya pada sirkuitnya. “Mestinya yang saya rancang ini sebenarnya untuk di dalam stadion dengan sirkut yang menantang,”ungkap Sulis lagi.
Lay out yang dibuat tidak hanya menantang dan menarik untuk ditonton oleh pengunjung tetapi dingatkan oleh Sulis agar croser perlu kehati-hatian dan ekstra ketahanan fisik serta skill yang bagus. “Karena sirkutnya yang dilintasi semuanya berat,”singkanya.
Jika dibandingkan dengan motor cross ekstrim yang pernah dibuat lintasan dan tingkat kesulitannya sebanyak 50 rintangan. “Arena super cross nantinya akan kami buat lebih dari itu,”janjinya.
Bagi perancang sekelas nasional seperti Sulis dalam membuat arena yang sulit seperti itu diakui merupakan hal yang biasa kerena telah banyak hamper dilakukan di seluruh Indonesia. “Ratusan arena yang telah kami buat di Indonesia ini, mulai sirkuit yang biasa sampai dengan yang ekstrim seperti di Jember ini,”tandasnya.
Benar adanya kata orang bijak, kalau penampilan seseorang tidaklah sepenuhnya mencerminkan potensi yang dimilikinya. Seperti Sulis ini, sekilas penampilannya orang Jakarta yang kurus dan warna kulit agak sedikit coklat tetapi berpengalaman segudang terkait pekerjaan merancang sirkuit motor cross.
Pekerjaan merancang sirkuit yang ia ditekuni semenjak tahun 1986 sengaja sirkuit di Jember sedikit berbeda dengan daerah lain. “Kami ingin di Jember nantinya akan lebih keren dari pada daerah lain selain lahan yang disediakan luas,”terangnya.
Diakui dalam merancang stiap sirkuti motor cross di masing-masing event dan tempat, tentunya berbeda. “Selain keinginan dari panitia namun pertimbangan lain lahan yang akan digunakan, kalau di Jember sangat mendukung selain tersedia lahan yang cukup luas yakni 4 hektar yang disediakan oleh Perhutani Jember,”pungkasnya. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column