Agustus 19, 2008

Gubernur Jatim ajak semua elemen dan masyarakat hemat energi


Berita Jember, Untuk menindak lanjuti Intruksi Persiden terkait hemat Energi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, mensosialisasikan Instruksi Presiden RI itu terkait penghematan energi. Hal itu dilewatkan media buku dan diedarkan kejajaran Pemerintahan seperti Kantor Dinas, Badan Usaha Daerah, Bupati, Wali Kota, Kantor Kecamatan, hingga Kelurahan maupu Desa.
Dimasa akhir tugasnya Gubernur Jawa Timur Imam Utomo biasa disapa Cak Imut, mengajak semua lapisan masyarakat, terutama Dinas/Instansi untuk berhemat energi. Penghematan ini mutlak dilakukan sebagai bagian dari rasa cinta pada tanah air dan bangsa, karena akan mengurangi beban subsidi pemerintah. Sekadar diketahui saat ini pemerintah sedang berupaya mengurangi krisis APBN akibat dari melambungnya harga minyak dunia .
Demikian ditegaskan Cak Imut, dalam acara Sosialisasi Hemat Energi, Senin (18/8) di Pendopo Bupati Jember, turut hadir mendampingi Gubernur, yakni Bupati Jember, MZA. Djalal seluruh Pejabat Tingkat I Jawa Timur, dan Kepala Dinas, Kabag, Camat serta Instansi terkait. “Banyak dari kita yang masih boros dalam menggunakan energi dan tidak mau berhemat, padahal jika semua rakyat Indonesia, khususnya rakyat Jember bisa berhemat menggunakan energi, baik itu Listrik, Air dan BBM, maka berapa yang bisa dihemat dari subsidi pemerintah atas biaya-biaya tersebut, “kata Cak Imut.
Lebih lanjut, dikatakan bahwa pemakaian energi di Indonesia terutama energi listrik perlu dihemat mengingat semakin menipisnya sumber-sumber energi yang tak terbarukan seperti minyak, batubara serta gas. “Karena sebagian besar pembangkit kita masih menggunakan BBM, batu bara dan lainnya. Jadi bisa penghematan listrik ini akan membantu keuangan negara dalam hal pengurangan subsidi pada sektor kelistrikan, “ katanya.
Penghematan ini harus diawali, dari jajaran pemerintahan dan harus didukung oleh semua lapisan masyarakat. “Saat ini kami juga mendorong pegawai Pemerintah Kabupaten untuk berhemat dalam penggunaan AC suhu rendah, penggantian lampu dengan lampu hemat energi,“ jelas Cak Imut.
Cak Imut dalam sosialisasi hemat energi itu juga mununjukan dihadapan para Kepala Dinas dan Camat se Jember, puluhan kendaraan irit BBM, baik yang berbahan bakar solar maupun bensin. "Kendaraan Hartop saya, setelah diberi tabung dan di campur air serta soda Pembuat roti, dulunya 1 liter 5 Km, dengan memakai alat ini sekarang bisa irit antara 30 - 40 %.,” akunya. (*)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column