Agustus 12, 2008

PECATUR JEMBER IKUT RAMAIKAN BBJ AGUSTUS 2008

Lomba Catur

Euforia dunia percaturan Kabupaten Jember dari tahun ketahun semakin menunjukkan taringnya, terbukti, berbagai kejuaraan pernah diraihnya, bahkan beberapa bulan terakhir pecatur yunior Kabupaten Jember berhasil meraih beberapa medali dalam Kejurda tingkat Jawa Timur dan mulai disegani lawan-lawannya, baik itu di kejuaran tingkat Kabupaten, tingkat Propinsi maupun di kejuaran nasional.
Disela-sela membuka tournament catur dalam rangka BBJ Agustus 2008, Ketua Percasi Jember, Agoes Slameto mengatakan, meski dalam BBJ tahun ini pertandingan catur tidak masuk dalam agenda utama BBJ, namun tahun depan akan diupayakan bisa menjadi pertandingan yang tidak kalah menariknya dengan event lainnya. “Insya allaoh pertandingan kejuaraan nasional akan diupayakan ditempatkan di Kabupaten Jember, “tekadnya.
Bahkan kemarin menurut Agoes, Kabupaten Jember telah mengirimkan atlitnya untuk mengikuti pertandingan catur di Bandung. “Tampilnya pecatur yunior sebagai juara di tingkat Jawa Timur, menunjukkan bahwa keberhasilannya itu merupakan sejarah baru bagi dunia percaturan Kabupaten Jember, “tegasnya.
Agoes menambahkan, meski saat ini Percasi tidak memiliki sekolah khusus catur seperti di daerah lainnya, namun pihaknya optimis, dimasa mendatang Perasi Kabupaten Jember memiliki pecatur handal, bahkan tahun depan Kabupaten Jember bertekad akan menyelenggarakan kejuaraan catur untuk tingkat nasional, maka dalam waktu dekat pihaknya harus bekerja ekstra guna melakukan seleksi pecatur baik junior maupun senior.
Agoes Slameto yang didampingi pengurus Percasi Jember, Sabtu Malam mengatakan, pertandingan catur ini dilaksanakan selama 2 hari mulai 9 dan 10 Agustus 2008 bertempat di Gedung Pemkab Jember (Eks. BHS lantai 1) Jember "Pertandingan ini digelar untuk memeriahkan peringatan HUT ke-63 RI dan BBJ Agustus 2008, “jelasnya
Kita mengundang para pecatur dari berbagai kabupaten di Jawa Timur, baik pecatur yang menjadi juara dalam event-event dihelat Percasi Jember maupun dalam pertandingan lainnya. “Jadi ini merupakan kesempatan emas bagi pecatur Kabupaten Jember untuk menimba ilmu para pecatur dari daerah lainnya, “harapnya.
Dalam kesempatan itu, Agoes mengatakan, kesempatan ini hendaknya dimanfaatkan para pecatur-pecatur junior, khususnya yang ada di Jember. Sebab, sebutnya, Percasi Jember menurunkan sebanyak mungkin atlitnya yang diharapkan dapat menjadi andalan nantinya. “Percasi Kabupaten Jember memang memprioritaskan pembinaan atlet usia muda, jika dibina dari usia muda, peluang untuk berprestasi lebih besar, ujarnya.
Selain pembibitan, Agoes juga berharap melalui pertandingan catur tersebut akan semakin populer. Beberapa SD di Jember memang telah memperkenalkan catur kepada siswanya sebagai mata olahraga pilihan. “Namun, jika tidak ada kompetisi percuma saja melatih, kata dia. Pasalnya, kompetisi merupakan salah satu tolak ukur penilaian berhasil atau tidaknya sebuah pembinaan, “pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column