Agustus 27, 2008

Saat Masyarakat Nikmati BBJ, Jalanpun Terus Dibangun

Meski maraknya BBJ di Jember satu bulan penuh, Program pembangunan terus dikerjakan

Memperingati HUT RI ke 63 di Jember menyisakan hitungan hari dan selama sebulan penuh oleh pemerintah disajikan berbagai hiburan dan tontonan untuk masyarakat Jember dan sekitarnya.
Namun ditengah-tengah berlangsungnya BBJ, pemerintah masih tetap konsen dan terus melakukan kegiatan pembangunan seperti pada bulan-bulan sebelumnya. Sepeti yang sekarang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Jember lewat Bidang Cipta Karya membangun di 31 kecamatan di Jember.
Tidak terkecuali, saat masyarakat menikmati berbagai event di BBJ kali ini melangsungkan garapannya berupa jalan lingkungan dan MCK di pelosok desa dan kota. “Pembangunan terkait dengan jalan lingkungan dan MCK di tahun ini terus berlanjut sesuai jadwal yang telah ditentukan,”ungkap Ir Sudarminto Kabid Cipta Karya di ruang kerjannya kemarin.
Diungkap oleh Kabid Cipta Karya berlanjutnya pembangunan sesuai dengan amanat pembangunan yang tertuang di APBD Jember. “Sehingga konsentrasi pembangunan di seluruh desa di 31 kecamatan tetap terus digarap,”tandasnya.
Lebih lanjut menurut Sudarminto pembangunan jalan lingkungan di Jember ada beberapa tempat. “Di masing-masing desa yang telah di flooting ada 102 paket/unit jalan lingkungan,”paparnya.
Pembangunan jalan itu menurut Kabid Cipta Karya, pembangunan jalan itu sangat diperlukan untuk masyarakat desa yang membutuhkan kelancaran dalam akses ekonomi dengan daerak lainnya. “Sehingga kalau kondisinya rusak atau belum diperbaiki diharapkan dengan sentuhan pembangunan itu akan dapat memperlancar masyarakat setempat untuk ke kota,”jelasnya.
Dicontohkan di daerah seperti Curahnongko-Temporejo selain jalan sangat parah dan berat jika dilalui oleh masyarakat setempat maupun yang masuk ke daerah itu. “Dengan kondisi jalan sekarang yang telah bagus, maka warga dapat lebih lancar menjual hasil buminya ke kota,”paparnya.
Komitmen pemerintah daerah dalam membangun jalan lingkungan dalam tahun 2008 ini senilai kurang lebih 9,5 M, tentunya tidak seluruhnya dapat dicover oleh anggaran itu. “Mudah-mudahan ditahun mendatang dapat tersentuh dan diprogramkan,”harapnya.
Selain di Desa Curahnongk-Tempurejo, di wilayak kecamatan kota juga banyak yang telah dilakukan oleh pemerintah. “Seperti dio Kecamatan Patrang, di Jalan Damai, Jalan Kaswari Gang VIII, Jalan Kacah Piring Gang III, Jalan Kenanga Gang IV, Jalan Tengku Umar di sebelah SDN Tegal Besar III dan banyak lainnya,”imbuhnya.
Lebih lanjut dituturkan oleh Sudarminto di kecamatan kota saja ada sekitar 44 titik jalan lingkungan yang menjadi konsentrasi pembangunan di Jember. “Dari jumlah itu maka selebihnya berada di luar kecamatan kota,”terangnya. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column