Juni 27, 2008

Pameran Siap Digelar, Meramaikan BBJ Mendatang

Berita Jember, Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) pada tahun ke II tinggal 53 hari lagi. digelar Satu bulan penuh (Mulai tanggal 1 Agustus 2008) berbagai event digelar nantinya, ada sekitar 70 event yang akan digelar.
Salah satunya yang telah siap digelar yakni Pameran Produk Unggulan 2008. Pameran itu bertempat di Gedung Balai Serbaguna Jember (BSJ) digelar selama 10 hari.
“Kami siap seratus persen, sebagai sub panitia jadwal yang kami telah ajukan yakin tanggal 1 – 10 Agustus mendatang kepada Panitia inti selain lebih cepat dilakukan juga bisa menagkap peluang,”ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember yang ditemui di ruang kerjanya setelah mengikuti rapat panitia BBJ 2008 beberapa waktu lalu.
Namun pameran kali ini menurut Hariyanto tidak saja berbeda dalam penyajiannya, namun yang berbeda yakni ada partisipasi dari masyarakat yang lebih menonjol dalam event itu. “Ada partisipasi dari Event Organiser (EO) yang mewakili swasta yang nantinya akan menyelenggarakan pameran nantinya mulai dari peserta sampai tempatnya EO yang menyediakan,”tandasnya.
Dalam pameran yang digelar nantinya tidak hanya produk unggulan terkait industri kecil dan perdagangan binaan Disperindag saja. Namun kami akan sharing dengan unit kerja lain seperti Disperta dan Disnakan, jadi kami dalam menampilkan produk unggulan tidak sendirian,”pungkas Hariyanto.
Adapun jenis pameran lanjut Hariyanto sangat beragam, tidak hanya berupa produk unggulan dari Jember terkait indutri kecil (home industri) sampai besar, jenis perdagangan di Jember akan ditampilkan dalam pameran nanti.
“Seperti furniture, manik-manik, handycraff, mebel dan banyak lainnya, tapi dari jenis perikanan seperti ikan hias dan dikonsumsi serta produk pertanian dan hortikultura benga hias juga akan dipamerkan, sementara peserta dari Surabaya sudah banyak yang mendaftarkan,”akunya.
Untuk sementara kantor pemasaran pameran itu menurut Hariyanto masih bertempat di Sekretariat Bersama (Sekber) Jalan Gajah Mada. “Menjelang 10 hari digelar pameran nantinya pantia pameran akan ngator di Balai Serbaguna Jember (BSJ) agar lebih memudahkan bagi calon pengisi stand yang belum mendaftarkan,”tambahnya.
Meski dipandegani oleh EO namum menurut Hariyanto pemeran masih tetap memprioritaskan UKM produk unggulan Jember. “Jika UKM di Jember yang tidak tidak dapat membeli standnya maka nanti oleh unit kerja seperti Disperindag, Disperta dan Disnakan akan kami beri subsidi untuk bisa tampil di pameran itu,”jelasnya.
Tidak hanya sekedar bisa menggelar pameran kepada khalayak luas, namun yang diminta oleh Hariyanto penyelenggaraan bisa berjalan seprofesinal mungkin. “Bahkan kami meminta kepada EO untuk menampilkan isi pameran dalam bentuk visual lewat layar lebar yang ditempatkan di jalan protokol sehingga masyrakat tahu,”terangnya.
Bahkan dalam penaampilan setiap harinya pameran agar tidak jenuh, pihaknya lewat EO untuk bisanya mengakomodir pemusik Jember dengan panggung yang kami sediakan untuk menghibur pengunjung pameran.
“Karena banyak alat musik yang di buat oleh pengrajin kita dan banyak pemusik kita yang bisa menghasilkan lagu yang bisa berbicara tingkat nasional. Hanya saja pemusik yang setiap kali tanpil nantinya perlu dukungan dari pengunjung,”cetus Hariyanto.
Untuk itu dengan digelarnya pameran meski yang hanya 10 hari diharapkan oleh Kepala Disperindag agar para pembeli maupun investor dapat berhubungan langsung. “Diharapkan tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini, kerena dengan pameran itu investor dapat bertemu langsung dengan produsen dari Jember, untuk itu diharapkan ada peran serta dari masyarakat lokal Jember maupun regional dan seluruh antero nusantara untuk bisa melihat langsung kreatifitas dan kekayaan dari masyarakat Jember, ,”harap Hariyanto.

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column