Juli 17, 2008

Seminar Internasional Masalah Lingkungan Akan Ramaikan BBJ


Berita Jember, Lomba Giri Wana Rally Tingkat Nasional yang akan digelar oleh Perhutani Jember pada awal Bulan Agustus mendatang tidak saja menjadi daya tarik tersendiri pada pelaksanaan.
Tidak saja dapat dipastikan Perhutani Jember bisa menggelar Lomba Giri Wana Rally Tingkat Nasional di Jember untuk menyambut dan meramaikan BBJ Tahun 2008 mendatang.
Namun ada kegiatan lain yang akan digelar oleh Perhutani Pusat yakni menggelar Seminar Internasional yang akan digelar pada Akhir Bulan Agustus mendatang di Jember dengan peserta dari berbagai negara.
“Beberapa waktu yang lalu kami pernah meminta pelaksanaan seminar internasional agar dipindahkan di Jember bersamaan dengan BBJ,”ungkap ADM Perhutani Jember yang dihubingi lewat ponselnya.
Kesengajaan mengusulkan Jember menjadi tuan rumah seminar internasional selain bentuk kepedulian dari sosok ADM Perhutani Jember yang berkeinginan agar Jember menjadi terkenal di dunia.
“Selain membahas peran LSM dalam menyelamatkan bumi, apalagi Jember pernah terkena musibah banjir bandang pada Tahun 2006 kemarin pernah menjadi sorotan nasional maupun internasional,”cetus Taufik.
Seminar nasional yang mengusung thema pelestarian lingkungan menurut Taufik akan mengundang pemerhati yang perduli dengan lingkungan hutan kita. “Yang datang nantinya tidak saja dihadiri oleh LSM setingkat nasional tapi juga datang LSM internasional,”cetusnya.
Karena rencana seminar internasional berkolaborasi dengan pihak Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) dan bisa, diharapkan mendapat pelayanan yang baik. “Karena yang hadir seperti WWF dan sebagainya hadir juga di Jember,”terang Taufik.
Terkait dengan rencana digelarnya seminar internasional bertempat di Wahya Wibawa Graha (Pendopo Bupati Jember). “Kami sebelumnya telah kulo nuwon dan meminta ijin kepada Bupati Jember karena dari sekian pembica maka salah satu pembicara utamanya yakni Mentri Kehutanan Jember,”tambah Taufik.
Untuk mempersiapkan dalam rangka seminar itu menurut Taufik pihaknya akan menyiapkan beberapa kegiatan pehijauan yang pernah dilakukan di Jember. “Terpikir dalam benak saya akan menyiapkan film terkait penghijauan yagn telah dilakukan,”tandasnya.
Sementara itu menurut Humas Satlak PBP Kabupaten Jember kalau dulu Jember menjadi perhatian nasional karena banjir bandang maka seminar ini peluang bagi masyarakat Jember kebali jadi tuan rumah. “Sehingga dari kegitan seminar itu nantinya ada solusi dan peluang antisipasi mengatasi bencana di Jember,”jelas Edy B Susilo.
Selanjutnya menurut Edy yang juga sebagai Kepala Kantor Infokom Jember dan sekaligus sekretaris dan Humas BBJ mendatang, menyambut baik kegiatan itu. “Karena lewat kedatangan tamu dari berbagai negara dan kota dari pelosok nusantara diharapkan ada informasi nantinya kepada investor didaerah asalnya tetang potensi Jember,”ungkapnya.
Sehingga diharapkan dengan kedatangan para tamu yang diundang oleh panitia seminar kembali perekonomian Jember akan bergeliat kembali. “Minimal hotedan rumah makan di Jember, telekomonikasi, wisata dan sebagainya akan kembali merasakan dampaknya,”jelas Edy menanggapi secara terpisah. (*/jok)

1 komentar:

Rudi B. Prakoso mengatakan...

Pendaftaran acara seminar dan giri wana reli nya di mana? Apakah National Geographic juga turut serta dalam acara ini?

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column