Juli 28, 2008

Tingkatkan Profesional Guru, PGRI Jember Adakan Seminar Internasional

Asisten II Drs. Edi B Susilo, MSi saat membuka Seminar Internasional

Peningkatan mutu dan layanan sistem pendidikan dewasa ini tidak bisa ditawar lagi, sehingga sangat diperlukan profesionalisme guru sebagai solusi untuk memenuhi tuntutan tersebut. Hal itu disampaikan Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Jember, Drs. Edi B Susilo, Msi, saat mewakili Bupati Jember MZA Djalal membuka Seminar Internasional bertajuk profesionalisme guru., Sabtu (26/7) kemarin lusa di Hall Convention, New Sari Utama Restaurant, Jalan Hayam Wuruk 173-175, Mangli Jember.
Lebih lanjut masih menurut Edi, untuk peningkatan profesionalisme guru tidak semudah orang membalikkan tangan. “Wajib Belajar yang telah diprogramkan pemerintah sangat mendukung keberhasilan sistem pendidikan, “jelasnya.
Bahkan seorang guru yang telah lulus mengikuti sertifikasi guru dapat dikategorikan seorang guru yang profesional, meskipun demikian keprofesionalan seorang guru di tingkat nasional belum dapat menjamin memberikan pengetahuan bagi anak didiknya mampu berkompetisi di era globalisasi.
Tak hanya itu lanjut Edi bahwa fasilitas penunjang pendidikan juga menjadi salah satu faktor dalam peningkatan kualitas pendidikan, tetapi hal ini bukan suatu kendala yang menjadikan kualitas pendidikan itu stagnan atau menurun. ”Tidak dapat dipungkiri bahwa fasilitas pendidikan antara daerah perkotaan dan pendesaan, terutama daerah pedalaman sangat berbeda, terutama kelengkapan bahan ajar, tetapi hal ini dapat disiasati oleh guru itu sendiri, dan tentunya pemerintah sangat peka terhadap hal ini” tegasnya.
Lebih lanjut, kata Edi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesional guru, khususnya guru-guru di Kabupaten Jember, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember sangat mendukung upaya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jember untuk mengadakan seminar tentang pendidikan.
Masih menurut Edi bahwa diadakannya seminar ini memang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan profesional guru, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. ”Seminar ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas guru yang berhubungan dengan kualitas pendidikan dan layanan pendidikan, apalagi adanya peningkatan nilai kelulusan setiap tahunnya, maka kualitas guru juga harus mengalami peningkatan,” katanya.
Sementara itu Ketua PGRI Jember, I Wayan Wisesa mengungkapkan peningkatan profesional guru tersebut hendak dibahas pada acara seminar sehari kali ini. “Untuk peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari guru, banyak orang menilai mutu pendidikan di Indonesia sudah baik. Kalau dikompetisikan dengan mutu pendidikan di luar negeri, mungkin belum apa-apa, jadi kita masih sangat diperlukan peningkatan profesional seorang guru,” kata Wayan.
Seminar sehari ini kata Wayan Wisesa terbuka untuk para guru Se-Kabupaten Jember dengan menghadirkan narasumber diantaranya Dr. Sulistyo membawakan materi berjudul Improving Teacher Quality to Fulfill the Global Demand, Dr. Eng. Imam Robandi yang aktif sebagai pekerja sosial sebagai Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Timur periode tahun 2005 s/d 2010 yang membawakan materi berjudul Developing Education that Links to Global Need, Mien UNO dengan materinya Etika dalam mendidik dan Yamamoto, Ph.D dengan materi Global Education Constellation.
Peserta seminar diperkirakan jumlahnya mencapai sekitar seribu orang. ”Untuk seminar panitia mengenakan biaya administrasi sebesar 100 ribu rupiah yang nantinya akan mendapatkan sertifikat, makalah, konsumsi, dan lain-lain, dan tentunya peserta juga harus menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 berwarna sebanyak 1 lembar” katanya.
Menurutnya salah satu peningkatan profesional guru melalui program sertifikasi profesi guru yang sedang dilaksanakan saat ini dengan tujuan untuk peningkatan profesional guru melalui program sertifikasi profesi. “Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi para guru, “ungkapnya. (*tot)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column