Agustus 25, 2008

Dendang Rindu Keroncong Kebangsaan


Berita Jember, Musik keroncong ternyata dapat membangkitkan rasa kebangsaan bangsa Indonesia terhadap perjuangan tempo dulu, meski musik yang satu ini hampir saja ditinggalkan utamanya para generasi muda. Demikian disampaikan oleh Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. Dedi Agus P. pada saat membuka Festival Keroncong Kebangsaan yang diikuti oleh sekitar 20 peserta dari berbagai daerah se-Jawa Timur diplataran Gedung Balai Serba Guna (BSG) Jember, Minggu pagi (24/8) kemarin.
Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. Dedi Agus P. mengatakan festival yang digelar di plataran BSG tersebut, merupakan wujud pelestarian seni budaya bangsa dan menanamkan rasa cinta dan apresiasinya masyarakat terhadap musik keroncong. “Kegiatan tersebut juga dimaksudkan dalam rangka mensukseskan HUT ke-63 RI dan kegiatan Bulan Berkunjung Ke Jember (BBJ) Agustus 2008, “jelasnya.
Lebih jauh Dedi Agus P menjelaskan, musik keroncong adalah salah satu jenis musik asli yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Keberadaannya harus terus dilestarikan agar tidak punah. Tentunya festival semacam ini harus terus dilaksanakan agar keberadaan musik keroncong tidak sampai dilupakan oleh Bangsa Indonesia sendiri dan justru akan dilantunkan dinegara-negara tetangga dan itu tidak boleh terjadi. “Selain itu dengan sering digelarnya festival lagu keroncong ini diharapkan dapat menambah masyarakat yang mencintai musik keroncong tersebut, ” ujarnya, saat membuka festival kemarin.
Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Kabupaten Jember, Sudjak Hidayat mengharapkan masyarakat seni khususnya kaum muda, untuk senantiasa memelihara seni budaya nasional seperti halnya Irama Musik Keroncong, “harapnya.
Bahkan Sudjak juga menghimbau khususnya kepada generasi muda untuk tidak alergi terhadap seni budaya nasional seperti halnya Irama Musik Keroncong ini, karena takut dicap norak dan ketinggalan zaman. Padahal mencintai bahkan melestarikan budaya bangsa adalah salah satu tanggungjawab moral kita selaku bagian dari komponen Bangsa Indonesia. ”Melalui seni dan alunan lagu-lagu perjuangan kebangsaan, pada akhirnya akan mampu membangun kehalusan perasaan dan budi pekerti luhur, bahkan bisa mendorong tumbuhnya jiwa nasionalisme, demi tertatanya kembali kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, “ungkapnya.
Dan momentum seperti ini juga akan cenderung menumbuhkembangkan perilaku cinta damai, sikap reaktif yang dapat menumbuhkembangkan rasa kebangsaan diantara kita terhadap situasi dan kondisi yang terjadi dewasa ini, ”Ujar Sudjak.
Sudjak juga berpesan dan berharap kepada segenap elemen masyarakat pencinta seni, agar senantiasa memelihara Seni Budaya Daerah yang memperkaya khasanah Seni Budaya Nasional, diantaranya Irama Musik Keroncong di samping seni lainnya, “Bahkan kalau bisa, kita tampilkan kembali kebesaran Seni Budaya Nasional khususnya Irama Musik Keroncong, sehingga kembali menjadi suguhan yang dinikmati masyarakat, “pungkasnya Festival yang diikuti diantaranya dari Kabupaten Kediri, Pacitan, Lumajang dan Banyuwangi dan daerah lainnya di Jawa Timur ini memperebutkan piala Bupati Cup, selain mendapatkan thropi, pemenang juga berhak menerima hadiah uang dengan total Rp 6 juta yang terbagi dalam 6 juara diantaranya juara I, II, III dan juara harapan I, II, dan III. (*/tot).

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column