Agustus 08, 2008

MQK II Jatim di Jember

Nampak persiapan MQK yang bakal digelar mul;ai tanggal 5-8 Agustus 2008 di PP Darul Hikmah

Bersamaan dengan berbagai event kegiatan Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) di Jember sebulan penuh, kembali Jember mendapat atensi dari profensi Jawa Timur untuk menyelenggarakan MQK (Musabaqoh Qur’an Al Kutub) II se Jatim yang diselenggarakan mulai tanggal 5-8 Agustus 2008 di Pondok Pesantren Darul Hikmah.
Pada hari ini (5/8), MQK II akan dihadiri oleh Gubenur Jatim Imam Utomo yang didampingi Direktur Pendidikan Diniyah, Kanwil Depag, Bupati Jember dan anggota Muspida Jember. Rencananya nanti malam akan dibuka secara langusng oleh Gubenur Jatim.
Ketika berita ini diturunkan ada dua daerah yang telah datang diantaranya Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang. Sedangkan dari 1.216 peserta lainnya kabuapten/kota menurut keterangan panitia akan hadir sore ini. “Sekaligus mengikuti pembukaan pada pukul 7 malam,”ungkap Yusfi Hadi Sekretaris Panitia MQK.
Dalam lomba itu akan dipertandingkan 13 jenis lomba baik untuk kalangan usia ula, wustho dan ulya. “Lombanya akan dimulai esok hari mulai pukul 8 pagi, siang dan malam hari,”tandasnya.
Namun bersamaan dengan pelaksanaan lomba, pantia akan menyelenggarakan seminar nasional yang membahas Prospek Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Dalam Prepektif Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007. ” Seminar akan diikuti oleh wakil dari duta masing-masing kabupaten dan kota yang hadir,”paparnya.
Jenis yang akan mempertandingkan diantaranya pertama, dengan katagori usia maksimal 15 tahun meliputi fiqh ula, lughah ula, akhlag ula. Kedua, dengan katagori usia 16-18 tahun meliputi fiqh wustha, tafsir wustha, hadis wustha, lughah wustha, akhlag wustha. Ketiga, figh ulya, tafsir ulya, hadits ulya, lughah ulya dan akhlaq ulya. “Akan dibagi dua babak penyisihan dan langsung final,”jelasnya.
Dalam pembukaannya MQK nanti malam masing-masing sefile akan dihibur oleh musik yang bernuansa Islam yakni Musik Gambus Mayami dan hadrah Aljiduri. “Tidak hanya itu peserta dalam pembukaan juga dihibur oleh musik khas Jember, patrol,”cetusnya.
Sementara itu menurut Kepala Depag Jember H. Chusnul Arifin menjelaskan keberhasilan MQK II ini merupakan salah satu kepercayaan dari pemerintah profensi. “Jember dibanding dengan Surabaya yang paling siap menjadi tuan rumah, apalagi kemarin Jember berhasil menyelenggarakan MQK I tingkat kabupaten di Rambipuji kemarin merupakan uji cobanya,”terangnya.
Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Jember yang telah banyak mendukung dari pelaksanaan kegiatan itu. “Saya akui kami tidak bias banyak berbuat jika Pemkab Jember tidak ikut terlibat dan mensukung kegiatan itu,”ujarnya.
Sebenarnya kepercayaan itu meurut Chusnul tidak hanya itu diberikan pemerintah profensi kepada Jember. “Dengan pelaksanaan MQK di Jember sekarang pada tahun 2009 mendatang, kembali Kabupaten Jember mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah MTQ se Jatim,”jelasnya. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column