Agustus 08, 2008

Tuan Rumah Berharap Barokah-Nya

Drs KH Achmad Naskihin

Kabupeten Jember menjadi tuan rumah MQK (Musabaqoh Qur’an Al Kutub) II se Jatim yang diselenggarakan mulai tanggal 5-8 Agustus 2008 tidak bisa dilepaskan dari peran pengasuh Pondok Pesantren (PP) Darul Hikmah Jember. Mau dijadikan tuan rumah meski harus sedikit mengganggu aktifitas kegiatan podok.
Meski kegiatan MQK dinilai oleh KH Achmad Naskihin, ada sisi negatif dan positif. “Namun saya menilai penyelengaan itu banyak positifnya dan mempunyai mafaat banyak karena lewat kegiatan itu berharap banyak barokahnya, apalagi dihadiri oleh pengasuh Pondok pesantren se Jember,”ungkapnya sembari menunjukkan tempat penyelenggaraan pembukaannya.
Lebih lanjut menurut kyai yang keseharian mengasuh pondok dengan ratusan santri dan penyelenggara haji. “Mudah-mudahan barokah didapatkan dari setiap pembaca dari kitab kuning yang klasik dibaca oleh masing-masing peserta, karena dari kitab kuning itulah awalnya dari Qur’an ada,”terangnya.
Selain itu pihaknya berharap ada manfaat lain dari penyelenggaraan MQK disini, minimal santrinya akan termaknai termasuk para orang tua serta semua pihak yang melihat lomba ini. “Artinya santri dan para orang tua santri dapat lebih tergugah untuk bisa seperti mereka membaca dan memahami Al Qur’an dengan benar dan baik, apalagi bisa menjadi juara,”jelasnya.
Diungkap lebih lanjut oleh Kyai yang memiliki kharismatik, dengan dilaksanakan MQK di pondoknya yang telah berdiri sejak 1991, berharap di Jember secara khususnya dan Jawa Timur pada umumnya dapat lebih sejahtera aman dan sentosa.
Dikisahkan oleh Kyai Naskihin, bahwa penawaran tempatnya dijadikan tuam rumah berawal ketika saat menunaikan ibadah haji pada tahun kemarin. “Datang petugas dari Kanwil Depag Jatim yang menghampiri diri saya menyampaikan bahwa MQK mendatang akan di tempatkan di Jember,”cetusnya.
Setelah kyai menerima informasi seperti itu, tidak lantas mengiyakan tawaran itu, akan tetapi lebih pada melihat kelayakan agar dilakukan survey. “Silahkan disurvey dulu, karena banyak yang lebih bagus dari ini, namun kalau memang pondoknya dinilai layak menjadi tuan rumah, Insyallah,”tuturnya.
Sehingga datanglah BK Ponren dari Kanwil Depag Jatim yang dating sebelum pelaksanaan ini. “Ada beberapa orang bersilaturahmi untuk melakukan survey ke tempat kami pada bulan maret kemarin,”jelasnya lagi. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column