Agustus 04, 2008

Sosialisasi Konversi Minyak Tanah ke LPG di Jember


Berita Jember, Untuk menghemat subsidi yang diberikan kepada minyak tanah (Mitan), terutama harga minyak dunia yang selalu meningkat menembus angka 140 USA, maka PT Pertamina akan membagikan tabung elpiji 3 kg kepada masyarakat dengan kompor, selang, dan regulator. “Ini dalam rangka program konversi minyak tanah ke Liquified Pressurized Gas (LPG), “tegas Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Jember, Drs. Edi B. Susilo, Msi ketika melakukan Sosialisasi Konversi Mitan ke Elpiji kepada para camat, Senin (4/8) di ruang rapat Pemerintah Kabupaten Jember.
Lebih lanjut menurut Edi bahwa program konversi Mitan (Minyak Tanah) ke gas LPG ini akan menguntungkan semua pihak dengan tepat sasaran dan sesuai dengan data yang ada. “Jika program ini berhasil, maka dari segi pemerintah akan ada penghematan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan tidak akan membebani APBN terlalu tinggi, “jelasnya
Sekarang tinggal bagaimana memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat akan adanya konversi mitan ke LPG ini untuk proaktif dalam menyikapi hal ini. “Terkait dengan program konversi minyak tanah ke Elpiji yang akan di berlakukan di Kabupaten Jember dapat berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan gejolak di masyarakat, “harapnya.
Menurut Edi, konversi ini perlu dilakukan untuk mengurangi gejolak di masyarakat dan pemahaman akan penggunaan elpiji yang lebih murah, praktis dan mudah, serta dapat membantu mengurangi beban minyak dunia di lingkungan masyarakat harus lebih diintensifkan. “Memang butuh waktu pemahaman terhadap pemakaian elpiji dan meninggalkan minyak tanah kepada masyarakat yang selama ini menggunakan Mitan, “tuturnya.
Hadir pula dalam kegiatan tersebut Sales Representattif Gas Domestik Region IV Jember, Usman Lekki, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Jember. Dan Kegiatan ini diikuti oleh para camat yang berada pada 31 kecamatan yang menjadi tujuan konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg ini, “lanjut Edi.
Sementara itu Sales Representatif Rayon III PT. Pertamina (Persero) Gas Domestik Region IV Jember, Usman Lekki mengemukakan bahwa dari sisi konsumen atau masyarakat akan ada penghematan senilai Rp 42.200 per bulan per Kepala Keluarga (KK), yang didapatkan dari hitungan jika menggunakan minyak tanah (rincian ada dalam data) . “Jika penggunaan Mitan (Minyak Tanah) sebanyak 20 liter per bulan per KK, maka akan setara dengan 2,5 tabung. "kata Usman.
Diakuinya bahwa kebijakan konversi ini dilakukan oleh beberapa Departemen seperti Depkop untuk pengadaan tabung, Departemen Perindustrian untuk SNI, Departemen Tenaga Kerja tentang ijin penggunaan tabung, Dep. Pemberdayaan Perempuan untuk melakukan Sosialisasi kepada masyarakat sedangkan Pertamina sendiri menyediakan SPBE dan Agennya. “Tetapi untuk sementara ini masih ditangani PT. Pertamina sebagai langkah awal, “tegasnya.
Dengan diberlakukannya konversi ini masyarakat tidak usah merasa takut akan terjadinya kebocoran dan kerusakan pada tabung dan alat lainnya, karena semua peralatan sudah dilakukan pengujian sesuai dengan SNI. “Namun yang perlu diperhatikan agar konsumen tidak memindahtangankan kepada orang lain, sebab hanya diberikan sekali oleh pemerintah, “pesannya.
Sedangkan kekhawatiran akan pasokan Gas LPG, Pihak pertamina menjamin tidak akan ada kekosongan, karena di Jember sendiri akan dibangun 3 (tiga) SPBE, satu diantaranya sudah beroperasi di Gebang, dan 2 lainnya menyusul yaitu di Kecamatan Ajung dan Kecamatan Jelbuk. “Jadi untuk pasokan gas LPG di Jember cukup, “ungkapnya.Untuk itu kepada para Camat lebih dahulu memberikan informasi ini kepada masyarakat, sebab mulai tanggal 6 Agustus 2008, PT. Pertamina akan secara maraton memberikan sosialisasi kepada masyarakat se-Kabupaten Jember. “Jadi nantinya akan ada pembagian tempat sosialisasi di wilayah kecamatan, “pungkasnya. (*).

1 komentar:

dydy mengatakan...

ini udah tanggal 8 agustus 2008 kok masih abem - adem aja dan tidak ada kabar tentang konfersi tersebut. la gimana bro

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column