Agustus 12, 2008

Paskibra Digembleng Dengan Metronome

Latih Paskibra

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Jember dalam menyambut HUT RI selalu disibukkan dengan berbagai kegiatan. Satu kegiatan yang penting adalah Upacara Bendera pada tanggal 17 Agustus 2008 nanti.
Persiapan-persiapan upacara bendera terus dilakukan oleh Pemkab Jember, yang dalam hal ini menjadi tanggung jawab Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jember dalam tata upacara. Salah satu elemen Upacara Bendera yang harus dipersiapkan dengan matang adalah Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) yang bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih saat upacara bendera nanti.
Paskibra yang berjumlah sesuai dengan tanggal kemerdekaan bangsa kita yaitu, 17, 8 dan 45 orang dengan cadangan 4 orang. Merupakan hasil seleksi dari seluruh SMA se kabupaten Jember yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. “Mereka telah menjalani proses penyaringan sejak beberapa bulan yang lalu,”ungkap Kepala kantor Satpol PP, Drs. H. Suhanan, MPd, yang ditemui memantau latihan paskibra kemarin.
Rencananya pada mulai awal Agustus kemarin sampai mejelang pelaksanaan dilakukan pemantapan. “Baru pada tanggal 2 Agustus ini menjalani latihan Pematangan Paskibra mulai jam 8 pagi sampai jam 1 siang setiap hari kecuali hari minggu,”tandasnya..
Melihat tanggung jawab Paskibra sangat besar dalam waktu dekat ini akan diberi motivasi dan support yang selalu diberikan dari pelatih maupun Pembina. “Rencananya, pada tanggal 5 Agustus 2008 akan dilakukan pengarahan langsung dari Bapak Bupati sebagai upaya untuk memacu motivasi bagi peserta Paskibra dan pelatih dalam mengemban tanggung jawab besar itu,”paparnya.
Untuk melaksanakan pelatihan kepada Paskibra, pihaknya telah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. “Dalam hal melatihm Paskibra Satpol PP telah bekerjasama dengan Scaba, karena kami tidak main-main melatih Paskibra karena akan ditonton oleh undangan dan masyarakat Jember”tegas Drs. H. Suhanan, MPd.
Sementara itu salah satu pelatih dari Scaba Jember, Peltu (Pembantu letnan satu) I Gusti Ngurah Agung Adnyana, memberikan materi dengan standart tata upacara. “Materinya tidak lepas dari materi langkah tegap, sikap sempurna, penghormatan dan perubahan formasi saat pengibaran dan penurunan bendera,”ujarnya..
Sehingga saat ini menurut Adnyana materi yang diberikan berfokus pada penyamaan dalam PBB sesuai standart. “Yang dilatih sekarang ini masalah langkah dan menyamakan langkah setiap peserta Paskibra sesuai dengan aturan yang biasa dipergunakan dalam Upacara bendera di Pemerintahan Kabupaten Jember”, jelas Peltu yang sudah menjadi pelatih Paskibra selama 10 tahun itu.
Lebih lanjut menurut pelatih yang paling senior pangkatnya, hal itu dilakukan karena masing-masing SMA memiliki perbedaan dalam mendidiknya. “Setiap SMA biasanya memiliki aturan yang berbeda mengenai aturan baris-berbaris, karena itu langkah mereka harus disamakan”, katanya Adnyana menambahkan. Masih berdasarkan penuturan Peltu Agung, setelah langkah para peserta Paskibra sama dan kompak, rencananya mereka akan dilatih dengan menggunakan alat untuk menghitung langkah yang disebut dengan Metronome. “Dengan alat itu langkah Paskibra akan lebih mudah disamakan dengan alat tersebut, yaitu sesuai dengan aturan; panjang langkah 65 cm dan tempo langkah 104 langkah per menit,”kilahnya.(*/jok/m1)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column