Agustus 12, 2008

RAKOR KESADARAN BERBANGSAN DAN BERNEGARA

Kepala Bakesbang dan Linmas Prop. Jatim, DR. Edi Purwinarto, MSI

Dalam rangka untuk meningkatkan kerjasama yang lebih bersinergi antara Pemerintah Kabupaten/kota dalam bentuk sharring program dan saling tukar informasi mengenai berbagai masalah aktual, baik itu berupa isu strategis nasional maupun daerah, rapat koordinasi ini sangat penting sekali. Demikian disampaikan Wakil Bupati Jember, Kusen Andalas ketika membuka secara resmi Rakor yang diikuti oleh para Kepala Bakesbang dan Linmas, Kasi Teritorial Kodam V Brawijaya dan Pasi Teritorial Kodim Se-Jawa Timur, Selasa (5/8) kemarin di Hotel Bintang Mulia Jember.
Kusen Andalas berharap agar Rapat Koordinasi (Rakor) nantinya dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keutuhan bangsa melalui pemahaman kesatuan bangsa dalam masyarakat.”Maka kita berkepentingan untuk menjaga agar iklim dan suasana yang kondusif tetap berlangsung dalam masyarakat, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik, “harapnya.
Untuk itulah pada kesempatan pertemuan ini, diharapkan kepada segenap satuan kerja, hendaknya mencarikan langkah-langkah antisipasi dan mengupayakan perencanaan yang lebih mantap dan bersinergi melalui sharing program untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk yang akan terjadi dalam proses pelaksanaan pemerintahan. “Masyarakat perlu terus-menerus diberikan pemahaman akan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk tetap kokohnya NKRI, karena semua ini sangat besar manfaatnya dalam rangka peningkatan kecerdasan dan wawasan masyarakat dan juga peningkatan SDM-nya, “tuturnya
Seiring dengan upaya kita menggencarkan masuknya para investor untuk menanamkan investasinya di Kabupaten Jember, mari kita tingkatkan stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah ini yang sama-sama kita cintai ini. Apalagi pada Bulan Agustus ini, Pemerintah Kabupaten Jember sedang memperingati HUT ke-63 yang diisi dengan berbagai kegiatan dan event pertandingan melalui Bulan Berkunjung Ke Jember. “Kepada para peserta rakor dapat memanfaatkan untuk melihat dari dekat semua event yang disajikan sebelum kembali ke daerah masing-masing, “pintanya
Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Propinsi Jawa Timur, DR. Edi Purwinarto, Msi mengatakan, Rakor Kesbang ini bertujuan untuk mengkoordinasikan dan mengkonsultasikan permasalahan aktual bangsa, menyangkut masalah politik, ekonomi dan sosial kemasyarakatan lainnya. “Kegiatan ini juga untuk mensinergikan dan menyamakan persepsi serta menyelaraskan sikap seluruh jajaran Kesbang dan TNI untuk menyukseskan program pembangunan di Jawa Timur, “jelasnya.
Rapat Koordinasi (Rakor) jajaran Kesbang dan Linmas serta TNI tahun 2008 ini kata Edi Purwinarto, juga bertujuan untuk membangun jejaring tugas dan kewajiban guna mendukung program-program pembangunan di Jawa Timur.
Dikatakannya, sebagai nara sumber pada Rakor Kesbang dan Linmas ini adalah Asisten Teritorial (Aster) Kasdam V Brawijaya, Letkol. Inf. Rahmat Pribadi yang akan membawakan materi tentang Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Darat pasca UU RI No. 34 Tahun 2004.
Lebih jauh Rahmad Pribadi mengatakan dalam setiap operasi yang dilaksanakan TNI akan membantu pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah. “Sebagai komponen utama pertahanan negara, mempunyai tugas mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman pulau, jumlah prajurit yang ada masih belum mencukupi.
Namun, TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, tetap harus didasari oleh strategi pertahanan untuk membina kekuatan pertahanan yang tangguh sebagai penangkal ancaman militer eksternal.
Bahwa dalam rangka meningkatkan kekuatan pertahanan negara, agar lebih mampu melindungi seluruh bangsa dan negara maka dibutuhkan suatu dukungan secara menyeluruh, karena pertahanan negara bukan milik TNI saja tetapi milik seluruh komponen bangsa. Pertahanan negara yang kuat/handal merupakan harga diri sebuah bangsa karena negara lain menjadi tidak memandang remeh terhadap Indonesia.
Kepala Bakesbang dan Linmas Kabupaten Jember, Drs. Sudjak Hidayat mengatakan apabila dalam membangun jejaring ini sudah besar dan luas, maka nantinya pembagian tugas antara dua lembaga ini akan dapat maksimal. “Pokoknya kalau TNI dan Pemerintah Kabupaten sudah sinergis, maka tim juga akan bekerja dengan baik, “harapnya. (*/tot)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column