Agustus 12, 2008

Petinju Thailand Ronde 7 Lepas Sepatu


Kejuaraan tinju memperebutkan PABA Junior kelas 57,1 kg berlangsung yang digelar 8 ronde cukup ketat dan berimbang yang digelar oleh promotor Kamil Gunawan kemarin di GOR Kaliwates Jember.

Kejuaraan internasional antara petinju Irfan Bone asal Indonesia yang berada di peringkat I melawan petinju yang berasal dari negeri gajah Thailand Kongsurin Sithsoei yang menduduki peringkat II.

Irfan Bone yang menggunakan gaya bertinju fighter terus bertarung melawan petinju Kongsurin yang bergaya boxer. Namun pada rounde ke 7 itulah partai ini menjadi pusat perhatian ratusan pasang mata yang menyaksikan bertinju kedua negara.

Insiden lucu yang menimbulkan bahan ketawaan sejumlah penonton yang memadati gedung olahraga kemarin malam dan hal itu terjadi, berawal mulai dari ronde ke 5 oleh pelatihnya Kongsurin melihat persoalan terkelupasnya sepatu dari petinju Thailand sehingga sementara dilakukan pengeleman dengan plester.

Karena petinju Thailand sering melakukan pergerakan body moveng, namun yang terjadi pada dua ronde 6 dan 7 sepatu yang digunakan Kongsurin semakin parah dan menganga.

Pada partai utama itu antara petinju Indonesia versus Thailad menurut penjelasan seketaris pertandingan meski pada rounde ke 7 tidak menggunakan sepatu alas sepatu. “Oleh Presiden PABA boleh dilanjutkan jika tidak memiliki sepatu pengganti,”jelas Wagino, SH.

Presiden PABA dalam pertandikan itu tidak mempermasalahkan. Sehingga pertandingan di partai itu selesai sampai akhir rounde 8 dan dimenangkan oleh petinju Indonesia Irfan Bone dengan kemenangan angka 78-78, 77-75 dan 77-75.

Sementara itu menurut petinju kawakan yang telah berpengalaman di dunia tinju dan sekarang beralih profesi sebagai pelatih tinju mengungkapkan kejadian itu sebenarnya tidak diperbolehkan. “Tapi karena Presiden PABA diijinkan maka pertarungan itu terus dilanjutkan,”pungkas Slamet Arbel.

Keberhasilan Irfan Bone memenangkan partai itu sekaligus menyandang Juara PABA kelas bulu. Selanjutnya sabuk juara disematkan oleh Wakil Bupati Jember Kusen Andalas yang melihat sampai pada akhir partai yang dipertandingkan oleh promotor.

Pada kejuaraan itu baikpartai utama dan tambahan lainnya Tom Aremba meng-KO Nur belo di ronde I, Edy Monod dari Malang menang TKO ronde I dari Yudha Sambung, Iko Sambung berhasil menang TKO dari Firdaus pada ronde II.

Sedangkan pada partai utama Terbang mini pada kejuaraan ad interim kelas 47,5 kg Sofyam Efendi berhasil menang TKO musuhnya Numchai Thaksinsan dari Thailand pada ronde I.

Terakhir partai yang menggelar pertandingan antara Irvan Organ yang berasal dari kota Jember kemarin dalam bertanding 8 ronde melawan Iwan Key dari sasana Rokatenda BC Surabaya berhasil menang angka. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column