Agustus 25, 2008

Selain Kabupaten Eks Besuki, Lumajang dan Probolinggo Hadir


Memperingati HUT ke 63 di Jember lewat Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) episode II, tidak saja menggelar event untuk masyarakat kelas menengah keatas. Namun bagi peternak sapi, kambing dan domba di Jember ajang ini digunakan untuk pamer ternaknya.
Kontes yang bakal digelar tanggal 26-27 Agustus 2008 di Tanggul Kulon rencana peserta dari Jember, Lumajang, Banyuwangi, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo. “Ternak yang siap hadir diperkirakan 225 ekor sapi dan 100 ekor kambing dan domba yang telah sanggup hadir dari Jember diwakili setiap kecamatan,”ungkap Soenyoto, Kasi Pembibitan dan Penyuluhan Disnakan Jember ditemui di ruang kerjannya kemarin.
Tujuan dilakukan kontes itu menurut panitia tidak saja memberikan nilai lebih pada ternak yang dibesarkan oleh petani itu sendiri. “Diharapkan Kabupaten Jember bisa mendukung Indonesia swasembada daging pada tahun 2010,”ujarnya.
Tidak hanya itu sebenarnya dalam kontes yang dilakukan selama dua hari di Jember. Diharapkan ada daya tarik dari peternak lain yang belum melakukan hal yang sama dalam beternak. “Agar membudidayakan sapi, kambing atau domba bisa dilakukan inseminasi buatan (IB),”tandasnya.
Sapi, domba dan kambing dalam kontes itu oleh panitia akan melombakan 9 katagori diantaranya sapi kereman (Exstrem), sapi kereman (poel1-3), sapi calon kereman (Belum poel), sapi induk (minimal beranak 1), sapi calon induk (belum beranak).
Swdangkan untuk jenis kambing dan domba akan dilombakan katagori kambing jantan (Umur > 1 tahun, minimal poel 1 pasang), kambing betina (telah beranak, minimal poel 1 pasang), domba jantan (Umur > 1 tahun, minimal poel 1 pasang), domba betina (telah beranak, minimal poel 1 pasang). “Penilaian akan dilakukan pada tanggal 26 agustus 2008, sehari menjelang pengumuman tanggal 28 agustus mendatang,”cetus Soenyoto.
Dalam kontes itu untuk memilih peserta yang telah memiliki kualitas lebih maka panitia akan memilih juara 1-3 di masing-masing kelas.dan pemenangnya juga akan medapatkan uang pembinaan. “Namun untuk semua peserta akan medapatkan piagam penghargaan dari panitia,”terangnya.
Diajang itu, panitia tidak saja menggelar kontes ternak, akan tetapi menggelar pameran yang masih terkait dengan hasil peternakan misalnya pakan ternak, pupuk kompos dan sebagainya. “Akan kita coba dalam pameran itu menggelar susu olahan, limba ternak dibuat bio gas,”bebernya.
Di pameran itu akan ikut serta juga HKTI, KTNA yang akan memamerkan segala produk hasil pertanian dan ternaknya yang selama ini telah dikembangkan oleh petani di Jember.
Sedangkan terkait dengan pendaftaran untuk mengikuti kontes tersebut, panitia telah membuka pendaftaran sejak lama. “Namun untuk lebih jelasnya bisa datang atau telpon ke Dinas Perternakan dan perikanan Kabupaten Jember, Jalan Letjen Suprapto No. 139 Jember, Telpon/Fax (0331) 337275,”terangnya. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column