Agustus 04, 2008

MERIAHKAN BBJ, RIBUAN TUKANG BECAK PAWAI KELILING ALUN-ALUN

Peserta pawai becak dengan tertib berjalan pelan

Ribuan tukang becak di Jember berpartisipasi dan ikut memeriahkan Bulan Berkunjung Jember (BBJ) II Agustus 2008, Sabtu pagi (2/8). Pawai becak yang diikuti sebanyak 3.000 becak berasal dari tiga kecamatan yakni, Kecamatan Tanggul, Sukorambi, Patrang dan sekitarnya.
Bupati Jember MZA Djalal dalam sambutannya berharap kepada para tukang becak untuk bersatu menjaga kerukunan antar para tukang becak yang ada di Kabupaten Jember. “Kalau semua rukun tentunya rejeki dari Alloh akan datang kepada mereka (tukang becak). “Kepada para sponsor, disampaikan terima kasihnya, semoga kerjasama akan dilanjutkan dalam event yang lain, “harapnya.
Kepada para tukang becak yang ikut dalam pawai kali ini, Djalal berpesan untuk selalu berhati-hati mengemudikan becaknya dalam perjalanan mulai dari start sampai finish agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. “Jalanlah dengan tertib dan sopan, tunjukkan kepada para tamu yang datang di Jember bahwa masyarakat Jember ramah, sopan dan santun agar mereka sangat berkesan selama berada di daerah ini, “pintanya.
“Saya sangat bangga kepada para tukang becak, karena bila becak mereka diseragamkan akan mempunyai kesan tersendiri akan indah, bersih dan terkesan sangat baik, “kata Bupati Jember.
Sementara itu menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Drs. Agoes Slameto bahwa pawai becak kali ini atas kerjasama Pemkab Jember Kantor Infokom dengan Radio Soka, dan disponsori Puyer 16 untuk mensukseskan BBJ tahun 2008 ini. “Semoga pelaksanaan serupa di BBJ tahun depan akan lebih meriah dan semarakan lagi, “harapnya.
Lebih jauh menurut Agoes Slameto, bahwa suksesnya peringatan HUT ke-63 RI dan kegiatan Bulan Berkunjung Ke Jember (BBJ) Agustus 2008 tidak akan terlepas dari peran dan partisipasi masyarakat termasuk para tukang becak. “Sukseskan pawai becak ini dengan terus menjaga persatuan dan kesatuan selama dalam perjalanan, “harapnya.
Para peserta selain mendapatkan hadiah berupa becak full audio juga pada malam harinya akan diundi berbagai hadiah menarik mulai dari televisi, kulkas dan yang tidak kalah menariknya hadiah utama dari sponsor berupa sepeda motor Yamaha New Vega-R.
Acara yang disponsori Puyer 16, para tukang becak dikenakan biaya sebesar Rp 21 ribu. Uang tersebut ditukar dengan Puyer 16 sebanyak 70 sachet dan ditukar dengan kupon undian untuk memperoleh hadiah sepeda motor New Vega R, becak full audio dan kupon sembako.
Selain menerima kupon, para tukang becak juga mendapat kaos, topi, kap (tutup becak), kursi dan sandaran becak. Mereka juga dijanjikan akan mendapat sembako tanpa diundi yakni beras dan minyak goreng.
Para tukang becak ini berkumpul di Alun-Alun Jember mulai pukul 10.00 WIB pagi dan diberangkatkan tepat pukul 13.00 WIB oleh Bupati Jember MZA Djalal dengan rute Alun-alun, Kaliwates dan kembali lagi ke Alun-alun. Tampaknya mereka sangat antusias dan rela berpanas-panasan ikut menyemarakkan pawai becak meski tidak dibayar.
Antusias dan semangat mereka salah satunya ditunjukkan dengan cara menghias becaknya beraneka kreasi mulai pemasangan atribut merah putih, logo BBJ, foto Bupati dan Wakil Bupati Jember, ada juga yang memasang foto sang Proklamator Soekarno bersama keluarganya diatas becak mereka. “Mereka sangat senang dan bergembira sekali ikut pawai kali ini, “ucap Umar peserta pawai.
Namun demikian seperti yang dilakukan Pak Umar yang biasa mangkal di Jalan Sumatra Jember juga berpartisipasi dalam BBJ ini. "Katanya akan dapat sembako bila ikut ini, seperti beras dan minyak goreng, makanya saya ikut," ungkapnya.
Dirinya pun tidak mempermasalahkan waktunya terbuang demi memeriahkan BBJ Agustus 2008, agar mendapatkan sembako dan hadiah menarik yang ditawarkan pihak panitia.”Tetapi untuk pengecatan becak, saya harus mengeluarkan sendiri dari kantong, sebab yang diberi bantuan cuma untuk menghiasnya, “katanya. (*tot)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

menurut saya kegiatan ini sangat bagus dan memperkuat ikatan silaturrahmi antara masyarakat .

Designer: Douglas Bowman | Dimodifikasi oleh AdiGuna Original Posting Rounders 3 Column